Sudahkah Anda mengisi liburan dengan road trip bersama keluarga? Road trip atau perjalanan darat menjadi kegiatan seru dan memberikan pengalaman tak terlupakan untuk keluarga Anda. Bukan hanya mendatangi tempat-tempat wisata dan menambah pengetahuan anak, road trip juga menjadi momen untuk bisa lebih dekat antara satu sama lain.

Hal paling seru dari road trip adalah Anda akan disuguhkan pemandangan alam yang indah selama di perjalanan untuk menyegarkan mata. Belum lagi lidah akan dimanjakan dengan wisata kuliner di kota-kota yang Anda kunjungi.

Tips Rencanakan Road Trip Seru Bareng Keluarga

Sewa mobil untuk keperluan road trip bisa menjadi pilihan untuk Anda yang belum memiliki kendaraan. Sebelum memilih jenis mobil rental terbaik, sebaiknya ketahui dahulu bagaimana tips dan trik agar road trip jadi lebih aman, nyaman, dan menyenangkan.

1. Diskusikan bersama anggota keluarga rencana road trip

Untuk bisa berkunjung ke satu kota, Anda dan keluarga akan melewati beberapa daerah selama di perjalanan. Selama di perjalanan, Anda akan menemukan berbagai destinasi seru. Nah, ada baiknya untuk mendiskusikan bersama anggota keluarga mengenai destinasi dan kegiatan yang akan dilakukan.

2. Persiapkan rute perjalanan yang nyaman

Apabila sudah menentukan destinasi kota yang akan dikunjungi, selanjutnya Anda perlu menentukan jalur perjalanan yang paling nyaman untuk dilewati. Ketahui lokasi-lokasi penting selama di jalur perjalanan yang akan dilewati, seperti rest area, SPBU, tempat ibadah, dan tempat makan. Gunakan aplikasi Google Maps atau Waze untuk memilih jalur yang benar dan tetap up to date dengan situasi jalanan.

3. Ingat untuk tidak memaksakan itinerary

Perlu diingat bahwa road trip adalah momen untuk menjalin kedekatan bersama keluarga. Ada anak-anak yang turut serta dengan kondisi fisik yang tak bisa disamakan. Jangan memaksakan itinerary sesuai dengan keinginan orang tua, perhatikan juga ketahanan anak Anda.

Jika dirasa perjalanan jauh hingga semalaman, ada baiknya untuk bermalam di hotel agar anak-anak tidak mudah rewel dan lelah karena harus berada di mobil selama 24 jam. Karena tak bisa dihindari anak-anak bisa bosan selama di perjalanan. Antisipasinya buat ruang nyaman di mobil yang memungkinkan anak untuk bisa sandaran atau rebahan selama di mobil dengan menambahkan alas empuk dan bantal. Namun, pastikan tetap posisi aman selama di mobil untuk menghindari hal yang tak diinginkan.

4. Persiapkan dana lebih selama road trip

Road trip membutuhkan waktu yang panjang, setidaknya seminggu untuk bisa kembali lagi ke rumah. Hal ini tentu saja membutuhkan perencanaan anggaran yang tepat selama di perjalanan. Namun, Anda tetap perlu menyiapkan anggaran lebih untuk jaga-jaga apabila ada pengeluaran tak terduga. Namun, tetap pengeluaran selama di perjalanan akan lebih baik tetap dijaga sesuai dengan perencanaan.

5. Tips road trip bersama anak agar lebih nyaman

Road trip bersama anak kecil tentu membutuhkan perhatian ekstra selama di perjalanan. Anak-anak bisa saja rewel dan membuat konsentrasi mengemudi menjadi terpecah. Ada beberapa hal yang perlu Anda siapkan.

Selalu gunakan car seat sesuai dengan usia anak agar perjalanan tetap aman.

Sediakan cemilan bergizi karena anak-anak jadi lebih rewel saat lapar. Jangan lupa imbangi minum air putih agar mereka tetap sehat.

Siapkan wadah khusus untuk buang air kecil daripada bingung mencari toilet di jalan.

Agar perjalanan lebih menyenangkan bagi mereka, biarkan mereka membawa beberapa mainan favorit.

Jangan lupa membawa P3K dan obat-obatan selama di perjalanan.

6. Pastikan kondisi kendaraan dalam keadaan prima

Hal penting lainnya dalam menyiapkan liburan road trip adalah memastikan kendaraan yang digunakan dalam kondisi prima. Jangan sampai perjalanan jadi berakhir bencana karena kendaraan yang mogok saat di perjalanan.

Mobil rental sudah terjamin dengan pemeliharaannya, sehingga Anda tak perlu khawatir saat mengendarainya. Jasa rental mobil Surabaya selalu memastikan setiap unit dalam kondisi bagus karena rutin di-service setiap bulannya.

7. Pilih kendaraan yang tepat untuk road trip

Memilih kendaraan juga hal krusial yang perlu dipertimbangkan oleh Anda dan keluarga. Seperti yang diketahui bahwa di Indonesia saat ini terdapat berbagai jenis mobil yang kerap digunakan, sebut saja MPV, city car, sedan, hatchback, SUV, hingga mobil listrik.

Sesuaikan jenis mobil rental yang tepat dengan destinasi atau jenis kendaraan Anda. Misalnya saja, jika road trip banyak dilakukan di jalanan perkotaan, mobil jenis MPV yang memiliki keunggulan irit bahan bakar akan lebih cocok digunakan, apalagi MPV memiliki ruang kabin dan bagasi luas sehingga Anda tak perlu khawatir jika membawa banyak barang. Namun, jika Anda keluarga kecil dan berencana untuk road trip dengan medan jalan berat, mobil SUV yang tangguh adalah pilihan terbaik. SUV rata-rata memiliki kapasitas 5-7 penumpang dengan bagasi yang cukup luas. Nah, untuk itu sebaiknya Anda mengetahui jenis mobil yang tepat untuk dibawa road trip.

Salsawisata, Mobil, Salsawisata, Salsawisata, Salsawisata, Salsawisata, Salsawisata, Salsawisata, Salsawisata, Salsawisata, Salsawisata, Salsawisata, Salsawisata, Salsawisata, Salsawisata, Salsawisata, Salsawisata,